Selasa, 07 Juli 2015

Konseling?

Apa sih yang namanya Konseling ??



Banyak yang beranggapan bahwa konseling merupakan kegiatan seseorang memberi nasihat maupun saran kepada orang lain.  Walaupun tidak sepenuhnya salah, tetapi sebaiknya kita menelaah kembali akan pengertian dari konseling itu sendiri. Berikut beberapa pengertian konseling dari beberapa ahli dalam bidang bimbingan dan konseling :


  1. Konseling adalah bantuan secara profesional yang diberikan oleh konselor kepada klien secara tatap muka empat maya yang dilaksanakan interaksi secara langsung dalam rangka memperoleh pemahaman diri yang lebih baik, kemampuan mengontrol diri, dan mengarahkan untuk dimanfaatkan olehnya dalam rangka pemecahan masalah dan memperbaiki tingkah lakunya pada masa yang akan datang.

Kukuh Jumi Adi . 2013. Esensial Konseling: Pendekatan Traint and Factor dan Client Centered. Yogyakarta: Garudawacha.



  1. Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (disebut klien) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi klien.

Prayitno & Amti, Erman. 2004. Dasar – Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.         



  1. Konseling merupakan suatu upaya bantuan yang dilakukan dengan empat mata atau tatap muka antara konselor dan klien yang berisi usaha yang laras, unik, human (manusiawi), yang dilakukan dalam suasana keahlian dan yang didasarkan atas norma-norma yang berlaku, agar klien memperoleh konsep diri dan kepercayaan diri sendiri dalam memperbaiki tingkah lakunya pada saat ini dan mungkin pada masa yang akan datang (Sukardi, 2010:38)

Sukardi, Dewa Ketut. 2010. Pengantar Pelaksaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.



  1. Konseling merupakan bantuan yang diberikan kepada individu untuk memecahkan masalah kehidupannya dengan cara wawancara dan dengan cara yang sesuai dengan keadaan yang dihadapi individu untuk mencapai kesejahteraan hidupnya. (Walgito, 2010:8)

Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karer). Yogyakarta: Andi.


  1. Konseling merupakan salah satu bentuk hubungan yang bersifat membantu. Makna bantuan. Makna bantuan disini yaitu sebagai upaya untuk membantu orang lain agar ia mampu tumbuh ke arah yang dipilihnya sendiri, mampu memecahkan masalah yang dihadapinya dan mampu menghadapi krisis-krisis yang dialami dalam kehidupannya. (Syamsul Yusuf: 2010:9)

Yusuf, Samsu dan Nurihsan, A. Juntika. 2010. Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling merupakan suatu pemberian bantuan bersifat non material dari seorang ahli (konselor) kepada kliennya (konseli) yang mengalami permasalahan dengan bertujuan agar masalah yang dihadapi konseli tersebut dapat terpecahkan sekaligus konseli dapat mandiri dan mengambil segala keputusannya sendiri.

Konseling harus diberikan oleh seorang ahli yaitu konselor atau guru bimbingan dan konseling. Mengapa ? Karena konselor ahli memiliki kode etik serta asas - asas konseling yang harus dipatuhinya serta memiliki keahlian teknik-teknik konseling yang efektif diberikan kepada klien. 

More Info, Coming Soon ...



Previous Post
Next Post

About Author

0 komentar: